Propellerads

Kodak Menyimpan Reaktor Nuklir Rahasia

Bisnis kamera Kodak memang sedang surut. Tapi, mereka memiliki lini bisnis lain yang mereka inginkan sejak enam tahun lalu.

Ruang bawah tanah di markas Kodak, Rochester, New York, Amerika Serikat menyimpan reaktor nuklir. Reaktor itu berisi 3,5 pon uranium. Bahan yang sama untuk membentuk senjata perang atom.

Untuk apa perusahaan seperti Kodak menyembunyikan reaktor nuklir? Belum ada yang tahu.

Juru bicara Kodak mengakui mereka tidak pernah mengumumkan produk ini ke publik. Bahkan, tidak ada pihak polisi, pemadam kebakaran, hingga pemerintah kota New York yang tahu.

Rahasia ini terjaga dengan baik hingga mantan karyawannya membuka mulut. Keberadaan reaktor nuklir itu disembunyikan oleh beberapa teknisi dan pegawai Federal yang mengetahui proyek ini.

Sangat di luar dugaan Kodak bisa tersesat hingga ke bisnis ini. Menurut Pusat Studi Nonproliferasi di Washington, AS, Miles Pomper, situasi aneh Kodak disebabkan perusahaan swasta seharusnya tidak memiliki material untuk produk ini.

Menurut Gizmodo.com, tujuan Kodak tidak jahat. Mereka akan menggunakan alat ini untuk memeriksa kotoran material serta pengujian radiografi neutron.

Reaktor Californium Neutron Flux multiplier (CFX) diakuisisi pada 1974. Ruang bawah tanah itu berisi 3,5 pon plat uranium yang diletakkan sekitar inti californium-252.

Reaktor yang dipasang dijaga ketat. Menurut perusahaan, tidak ada karyawan yang pernah mengalami kontak dengan reaktor.
VIVAnews
Blog, Updated at: Tuesday, May 15, 2012
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Propellerads iklan

Artikel Lainnya