Propellerads

Presiden: selesaikan masalah Semenanjung Korea melalui komunikasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan perlunya komunikasi yang sangat baik dan terus ditingkatkan kualitasnya sebagai salah satu saluran untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea dan juga keinginan kedua Korea untuk reunifikasi.

Presiden Yudhoyono saat menerima kunjungan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara Kim Yong Nam di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, mengatakan jangan sampai ada salah paham dan salah persepsi dalam setiap masalah di Semenanjung Korea.

"Presiden Yudhoyono menggarisbawahi apa pun masalah harus hindari kesalahpahaman dan lakukan dialog dan komunikasi. Kami berkeyakinan perkembangan di kawasan akan dibahas oleh kedua presiden," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa, usai mendampingi Presiden Yudhoyono.

Menlu mengatakan, Presiden Yudhoyono dalam pembicaraan dengan Presiden Kim Yong Nam mendapat penjelasan dari Kim Yong Nam tersebut bahwa dalam peristiwa peluncuran satelit komunikasi tersebut ada informasi yang tidak berimbang sehingga menyudutkan pihak Korea Utara.

"Atas informasi yang disampaikan tadi, Presiden Yudhoyono menggarisbawahi pentingnya semua pihak senantiasa berdialog dan komunikasi agar tidak terjadi salah paham," kata Marty.

Menlu juga mengatakan secara umum Indonesia sudah menyampaikan penyesalan atas peluncuran satelit komunikasi tersebut karena memicu rasa tidak tenang dan juga menimbulkan rasa ancaman.

"Indonesia berpendapat perlu adanya transparansi dan komunikasi terkait semua masalah di Semenanjung Korea," katanya.

Ketika ditanya apakah kedua presiden mendiskusikan mengenai nuklir dan juga hak asasi manusia, Marty mengatakan secara khusus hal tersebut tidak dibahas.

Antaranews.com
Blog, Updated at: Wednesday, May 16, 2012
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Propellerads iklan

Artikel Lainnya