Senin, 02 Juli 2012

MACAM MACAM RUMPUT

Rumput memang penutup tanah paling ideal karena dengan adanya hamparan rumput pada sisa lahan membuat bangunan rumah tampak lebih sejuk dan asri. Semua jenis rumput masuk dalam famili tumbuhan yang disebut GRAMINAE.


Ada 600 genus yang terdiri ± 7500 jenis masuk dalam famili ini. Dalam tiap jenis rumput ternyata mempunyai varietas-varietas yang masih beragam. Bahkan sekarang telah dikembangkan rumput untuk futsal. Terdapat dua kelompok besar yaitu rumput daerah panas dan daerah dingin. Rumput daerah panas tumbuh paling baik pada suhu 27° hingga 35° C, untuk daerah dingin pertumbuha paling bagus di suhu 15° C hingga 24° C.

Yang paling popular rumput daerah panas yaitu
a. bermuda grass (Cynodon L.C. Rich)
b. Zoysiagrass (Zoysia Willd)
c. carpetgrass (Axonopus Beauv).

RUMPUT BERMUDA
Rumput bermuda sebenarnya tumbuh liar di Indonesia dan lebih dikenal dengan nama rumput grinting. Rumput bermuda memiliki 10 spesies, ada yang biasa yaitu Cynodon dactylon dan ada yang hibrida yaitu Cynodon magennisii. Varietasnya sangat banyak dan beragam, seperti Everglades, Midway Pee Dee, Royal Cape, Texturf 10, Tifdwarf, Tiffine, Tiffgreen, Tiflawn, Tifway dan U‑3.

Tifway, Tiffine, Tifgreen dan Tifdwarf sangat populer di Indonesia. Keempat varietas ini merupakan hibrida turunan pertama (F1) antara C dactylon dengan C transvaalensis. Keempat varietas ini diperbanyak secara vegetatif dengan stolon, tidak bisa dengan benih. Varietas C dactylon yang dapat diperbanyak dengan benih dan tersedia secara komersial di pasaran adalah Guymon, New Mex Sahara, Sonesta, Cheyene, Sundevil. dan Arizona Common.

RUMPUT ZOYSIA
Rumput Zoysia terdapat lima spesies, namun tiga yang banyak digunakan untuk lansekap, terutama untuk lapangan golf. Yang terkenal adalah rumput jepang (Zoysia japonica) dan rumput manila atau rumput peking (Zoysia matrella). Spesies ini dibedakan berdasarkan kecepatan pertumbuhan, tekstur dan toleransinya tumbuh pada suhu rendah. Rumput jepang tumbuh lambat, bertekstur sedang dan toleran terhadap suhu rendah. Varietasnya yang paling banyak ditanam adalah Meyer. Varietas Emerald yang merupakan hasil perkawinan antara Z japonica dengan Z. Tenuifolia sangat rapat, berwarna hijau tua dan membentuk hamparan yang indah.

RUMPUT CARPET
Rumput ini memiliki kurang lebih 70 spesies, namun hanya dua yang banyak digunakan yaitu Axonopus compressus dan Axonopus affinis. Rumput jenis ini seperti rumput gajah, rumput gajah mini dan rumput gajah mini varigata. Rumput ini bertekstur kasar, tumbuh rendah, berwarna hijau muda, dan beradaptasi dengan iklim tropis.
Sedangkan yang popular rumput untuk daerah dingin antara lain
a. Fescuegrass (Festuca L),
b. bluegrass (Poa L.)
c. Bentgrass (Agrotis L).

FESCUEGRASS
Rumput jenis ini memiliki sekitar 100 jenis atau spesies dan didalam genus Festuca ada enam jenis yang biasa digunakan terutama untuk lapangan golf di Negara-negara beriklim dingin.

BLUEGRASS
Rumput jenis ini mempunyai lebih dari 200 spesies. Yang umum ditanam adalah Kentucky bluegrass (Poa pratensis) dan Canada Bluegrass (Poa compressus).Ciri dari rumput ini adalah ujung daunnya yang berbentuk seperti perahu dan terdapat garis terang sejajar dikedua sisi pembuluh pusat helai daun. Ragam varietas rumput ini seperti Brunswick, A-34 dan Baron. Perbedaannya pada warna, tekstur, kerapatan, toleransi terhadap pemangkasan pendek, ketahanan terhadap hama penyakit, dan parameter lainnya. Pada daerah beriklim sedang/dingin atau di dataran tinggi tropis, rumput ini banyak ditanam untuk lapangan atletik, taman dan lapangan golf (kecuali green) termasuk untuk rumput futsal.

RUMPUT BENTGRASS
Rumput ini memliki kurang lebih 125 spesies yang tersebar di negara-negara beriklim sedang dan dataran tinggi negara tropis. Yang umum dipakai untuk lapangan golf seperti creeping bentgrass (Agrostis palustris, A. stolonifera). Spesies ini bertekstur halus. Varietas yang popular di Amerika adalah Washington (C-50), Toronto (C-15) dan Seaside. Rumput ini diperbanyak secara vegetatif cenderung lebih seragam penampilannya. (dari berbagai sumber/foto:istimewa)


Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentar lah yang baik dengan tidak menggunakan format bahasa yang kasar, sara, dan provokatif

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management